Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Nagari Sungai Gimba Terintegrasi Dengan Open SID Desa Cerdas

11 Januari 2020 16:31:05    456 Kali Dibaca 

Gambar : utusan sekretaris dari kab. Padang pariaman. 

NAGARI SUNGAI GIMBA GO DIGITAL

 

Nagari Sitapa,  Kab. Lima Puluh Kota (11/1/2020)

Bersama beberapa nagari di Kab. Padang Pariaman yang sudah terintegrasi dengan OpenSID,  Nagari Sungai Gimba menjadi  salah satu Nagari pilot project menuju Nagari Go Digital atau Nagari Cerdas yang menerapkan sistim informasi terpadu melalui website resmi Nagari dan aplikasi  SID untuk Pelayanan masyarakat Nagari.

Dari sekian banyak Nagari di Padang Pariaman yang sudah terintegrasi Open SID hanya belasan Nagari yang memperlihatkan keseriusan sebagai pelopor SID di Padang Pariaman. Nagari Sungai Gimba termasuk salah satu Nagari yang bergiat sebagai pelopor penerapan SID di Kab. padang Pariaman. 

Tepat hari ini Sabtu (11/1/20) Musyawarah Nasional OpenDesa yang bertempat di Sekretariat Nasional atau Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Padang Panjang atau yang lebih di kenal dengan Nagari Sitapa, Nagari Sitapa merupakan salah satu Nagari yang berada di Kab. Lima Puluh Kota.  Hadir utusan dari seluruh Nusantara,  mulai dari ujung barat indonesia sampai ke ujung timur Indonesia. 

Utusan dari indonesia bagian timur mendominasi peserta MUNAS kali ini. Bagi Nagari Sungai Gimba penerapan Open SID berawal di daerah Nagari Sitapa ini juga, saat pertemuan awal beberapa bulan lalu.  Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Nagari Sungai Gimba Bapak Ramadanus Weri, S. Pd saat dikonfirmasi admin di sela-sela MUNAS "website resmi berbasis OpenSID Sungai Gimba Ulakan mulai bisa diakses secara online berawal di tempat ini juga,  setelah difasilitasi oleh Dinas Kominfo Kab. Padang Pariaman. kita menganggap penting diterapkan di Nagari Sungai Gimba karena mayoritas penduduk adalah generasi milenial yang selalu terkoneksi dengan internet melalui gadget, sudah saatnya kita menuju Nagari Pintar, Sungai Gimba Go Digital Menuju Deda Cerdas merupakan tujuan kita bersama". Dalam Munas kali ini hadir berbagai lapisan pemangku kepentingan, ada dari Sekretaris Nagari beserta Operator sebagai perwakilan Pemerintah Nagari, ada juga yang dari Dinas Kominfo, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ada juga dari LSM, bahkan ada juga dari Programer penggiat OpenSID sebagai pengembang agar OpenSID mampu mewujudkan kebutuhan semua tingkatan pada level pemerintahan bahkan masyarakat. sesuai agenda panpel untuk jadwal kegiatan pada Minggu, 12 Januari 2020 akan dilakukan pembahasan terkait penyempurnaan AD/ART sekaligus pemilihan dan Penetapan Pengurus Nasional OpenDesa. 

Gambar : perwakilan Nagari Sungai Gimba di Musyawarah Nasional Open SID. 

Senada dengan itu Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Bapak Irman Tiardi, A. Md mendukung penuh program ini. Saat dihubungi penulis via telepon Wali Nagari mengintruksikan kepada Sekretaris dan Operator perwakilan Sungai Gimba Ulakan untuk bersungguh-sungguh menyerap ilmu dan dapat dengan fasih mengimplementasikan di tengah-tengah kehidupan bernagari.  Beliau menyampaikan "ini sejalan dengan visi kami untuk menerapkan sistim informasi terpadu di Nagari,  sehingga masyarakat mudah mengakses berbagai informasi dari Nagari,  ini merupakan momentum Nagari Go Digital, kita gak boleh ketinggalan teknologi informasi berbasis digital".  

Berdasarkan data yang ada di profil Nagari,  mayoritas penduduk Sungai Gimba sudah bisa dan fasih menggunakan berbagai aplikasi berbasis internet atau sudah sebagai netizen aktif.  Hal ini tentunya harus diwadahi oleh pemerintahan Nagari dan menjadikan potensi menjanjikan untuk Nagari cerdas go digital. 

Kemudian Ramadanus Weri. S.Pd selaku salah satu pelopor OpenSID  Kab. Padang Pariaman menambahkan "kedepannya kita berharap 103 Nagari di Kab. Padang Pariaman sudah terintegrasi dengan Open SID ini,  tentunya harus berawal dari kemauan yang kuat dari pemerintahan Nagari, sejalan dengan visi Wali Nagarinya, alhamdulillah di Nagari Sungai  Gimba Ulakan Wali Nagari kita sangat proaktif dan mendukung penuh terwujudnya Sungai Gimba Digital,  dari 1.800 an penduduk Sungai Gimba hampir sebahagiannya pengguna internet aktif,  hal ini harus kita fasilitasi". 

Semoga kedepan Nagari Sungai Gimba Ulakan bisa lebih baik dalam penerapan OpenSID ini, sehingga memudahkan dalam pencarian berbagai informasi terkait Pemerintahan Nagari dan program-program Nagari tentunya tidak terlepas dari memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Red:Dz

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:6
    Kemarin:13
    Total Pengunjung:42.795
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.062 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.944 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.