Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.

01 Agustus 2019 13:41:28  Administrator  7.911 Kali Dibaca 

KEPEMUDAAN  NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN

Pemuda dan pemudi merupakan penggerak dan tonggak estafet akan kemajuan suatu negeri. karakteristik pemuda yang energik, kreatif dan inovatif membuat generasi muda memegang peranan vital dalam berbagai bidang kehidupan. Bung Karno pernah berkata yang melegenda " beri aku seribu orang tua, akan kucabut semeru dari akarnya dan beri aku 10 pemuda, akan kugoncangkan dunia". Kalimat itu menggambarkan betapa besar potensi yang dapat digali dari pemuda. Sebagai wadah pemersatu pemuda nusantara negara kesatuan republik indonesia maka disediakan Organisasi sosial kepemudaan yang bernama Karang Taruna yang berjenjang dari tingkat pusat sampai ke tingkat desa/nagari bahkan sampai organisasi pemuda tingkat dusun/korong.

Nagari/desa Sungai Gimba Ulakan memiliki potensi pemuda-pemudi yang besar yang telah teruji perannya dalam kehidupan bernagari. Di tingkat nagari berdiri sebuah karang taruna Persatuan Pemuda Pemudi Sungai Gimba Ulakan (P3SGU) yang dibentuk tahun 2017 diawal nagari sungai gimba dimekarkan. Berdasarkan Surat Keputusan Wali Nagari No.08 Tahun 2017 tentang pengesahan pembentukan karang taruna nagari Sungai Gimba Ulakan. Secara aklamasi terpilih ketua karang taruna pertama di Nagari Sungai Gimba Ulakan yaitu Ramli BL.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bersama seluruh anggota karang taruna P3SGU dari awal terbentuk sampai saat ini tidak berhenti berkarya untuk nagari dengan event-event akbar baik dibidang olahraga, seni budaya serta agama. 3 tahun terbentuk dari tahun 2017-sampai sekarang, karang taruna nagari P3SGU sudah sukses menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti:

1.Open Turnamen Sepakbola GEPESUS Cup Pertama tahun 2018.

2.Tabliqh Akbar Ustadz Zel Fatullah tahun 2019.

 

3.Open Turnamen Futsal Se-Sumbar tahun 2019,

4.Lomba Seni Budaya Tambua Tansa 2019.

5.dan berbagai event akbar lainnya.

 

Selama hampir 3 tahun terbentuk masih banyak lagi kegiatan karang taruna yang dilakukan tidak hanya bidang kepemudaan. Karang taruna pun hadir diberbagai bidang seperti sosial kemasyarakatan, adat budaya maupun mediasi hukum perdata. Sukses karang taruna menjalankan fungsinya tidak terlepas dari kepemimpinan yang kuat dan kepemudaan yang kompak, sesuai dengan petitih "rancak nagari dek nan mudo, tagok nagari dek nan tuo".

Sejarah Karang Taruna Dari Masa Ke Masa.

Di awali saat sungai gimba masih berbentuk Desa tahun 1991 terbentuklah Karang taruna Karta Jaya Sikabu. Kesatuan pemuda ini lebih intens bergerak di bidang seni budaya, olahraga dan pembangunan. beberapa tahun setelah berdiri Karang Taruna Karta Jaya membuat sebuah Lapangan Sepakbola di Korong Kampung Luar sekarang. Lapangan sepakbola ini telah digunakan untuk berbagai even pemerintah, kemasyarakatan maupun hiburan. Tidak hanya itu ditahun 2000 an Karang Taruna Karta Jaya juga membangun Lapangan Badminton yang hingga kini masih eksis. Di bidang seni budaya karta jaya sangat identik dengan Grup Indang Limpapeh yang mencapai tingkat popularitas tahun 90-an, serta mendirikan komunitas layang-layang Limpapeh yang melegenda dengan ukuran layangan yang sangat besar.

Tidak hanya di Sikabu, di Ganting pun terbentuk Karang Taruna di Tahun 1996 yang diberi nama Karang Taruna Karya Putra. tidak kalah mentereng dengan Karta Jaya, Karya Putra pun sukses menggelar berbagai event besar. terbentuk tahun 1996 dan terpilih Bapak Lukman sebagai ketua karang taruna dan sukses menggelar event-event besar di bidang olah raga, salah satu menggelar turnamen sepakbola. turnamen sepakbola saat itu tidak sama dengan turnamen sekarang ini, bola yang digunakan tidak dari kulit tapi dari plastik atau bola kaki plastik. penentuan kriteria pemain pun bukan berdasarkan kelompok usia, kelompok prestasi atau kelompok kewilayahan tetapi didasarkan dengan tinggi badan. selain ini dibidang ekonomi karya putra sukses mendirikan kelompok tani dan berhasil meraih berbagai prestasi dan penghargaan.

Ditahun 2006 terjadi kepemimpinan karang taruna karya putra dari Bapak Lukman.Dt.Majolelo kepada Bapak Dodi Hermanto. Diera ini karya putra pun semakin sukses dengan event turnamen bola volli se sumbar, pembentukan klub sepakbola Persegim dan pusat pelatihan terpadu bola volli dengan membuat lapangan bola volli yang sangat representatif. Sampai tahun 2010 terjadi lagi pergantian pengurus karang taruna karya putra dari Bapak Dodi Herman ke Bapak Budi Kurnia.

Gambar : pemain klub sepakbola Persegim periode 2014-2016 didikan Coach Bapak Herman Cahyadi.

Di Tahun 2010 - sampai sekarang pemuda sudah memasuki era milenial yang berbasis digital, diperiode ini juga sukses mengadakan event dan program-program besar diantaranya, pendirian Grup indang "Bintang Ameh", Grup Gandang Tansa, membangun lapangan futsal berstandar nasional dan berbagai kegiatan lainnya. Selain di bidang olahraga kepemudaan Sungai Gimba Panjang juga banyak menorehkan prestasi di bidang seni tradisi, sosial kemasyarakatan, ekonomi dan sosial budaya. Di periode ini juga dibentuk Tim Futsal Karya Putra.FC dan sukses menggelar Open Turnamen Futsal Se-Sumbar.

Di pertengahan Tahun 2016 disaat proses awal Pemekaran Nagari Sungai Gimba, sebagai kelengkapan lembaga di Nagari baru maka dibentuklah Pengurus Karang Taruna Nagari Sungai Gimba Ulakan dan terpilih saudara Ramli Bl sebagai ketua umum. Sejalan dengan itu maka Karang Taruna Korong yang sebelumnya terbentuk yaitu "Karta Jaya dan Karya Putra" langsung menjadi bagian dari Karang Taruna Nagari yang diberi nama Persatuan Pemuda-Pemudi Sungai Gimba Ulakan (P3SGU).

Gambar : Logo Karang Taruna P3SGU.

Tahun 2018 Karang Taruna Nagari P3SGU membentuk Tim Sepakbola Nagari yang bernama GEPESUS.FC dan telah sukses menyelenggarakan Open Turnamen Sepakbola Antar Klub Se-Kabupaten Padang Pariaman. Gepesus merupakan Tim Sepakbola resmi dari Nagari Sungai Gimba Ulakan dan memiliki 2 anak cabang sepakbola yaitu Karta Jaya.FC di Korong Sikabu Dan Persegim.Fc di Sungai Gimba Ganting.

Gambar Utama

Sampai berita ini diturunkan, karang taruna P3SGU Nagari Sungai Gimba Ulakan dalam intens persiapan menghadapai PORNAG 2020. Seperti diketahui untuk Pekan Olahraga Nagari Ke II Tahun 2020, Nagari Sungai Gimba adalah tuan rumah dan seperti ketetapan teknis sejak PORNAG 2019 yang mengurus kegiatan ini adalah Karang Taruna Nagari di masing-masing Nagari. Maka untuk Tahun 2020 sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintahan Nagari Karang Taruna P3SGU Nagari Sungai Gimba Ulakan akan menjadi lembaga penyelenggara PORNAG 2020 Sungai Gimba.

Red: DZ

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:21
    Kemarin:30
    Total Pengunjung:42.738
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.062 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.944 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.919 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.