Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Sungai Gimba Ulakan, Gelar Lomba Baruak Manjek Karambia

18 Juli 2019 14:39:01  Administrator  204 Kali Dibaca 

Padang Pariaman, Beritasumbar.com.- Kabupaten Padang Pariaman memiliki beragam keunikan yang patut dilestarikan. Salah satunya memelihara moyet,atau Baruak orang Sumbar menyebutnya untuk membantu memetik buah buahan Seperti kelapa,pinang,durian atau lainnya. Baruak tersebut dilatih untuk bisa memetik buah sesuai arahan tuannya.

Bagi sebahagian masyarakat daerah ini, monyet alias baruak ini sudah menjadi bagian hidup mereka. Karena dijadikan mata pencaharian mengambil upah memetik buah oleh tuan yang memelihara baruak ini.

Tidak heran jika di Padang Pariaman kita menjumpai pasar ternak yang memperjual belikan monyet alias baruak yang sudah terlatih memetik buah. Seperti “Talao” yang berada di Korong Sungai Gimba Gantiang Ulakan Tapakis yang merupakan salah satu lokasi transaksi jual beli ternak jenis ini. Setiap hari Kamis Talao ramai didatangi warga yang ingin mendapatkan monyet/baruak terlatih. Sehingga pasar Talao akrab di sebut ‘Pasar Baruak’

Kamis 4/10 kemaren timbul ide dari perhimpunan pemilik baruak ini untuk melaksanakan kontes ‘Baruak Memetik Kelapa/Karambia’. Alhasil ratusan baruak dari berbagai nagari di Padang Pariaman ikut ambil bagian dalam lomba ‘Baruak maambiak Karambia’ ini.

Suhatril Bur SE.MM wakil bupati Padang Pariaman didampingi Kapolres Pariaman AKBP Andry Kurniawan, Letkol ARM Heri Pujianto Dandim 0308, Kadis Pariwisara, dan forkompinda lainnya hadir bersama ribuan pasang mata warga menonton acara Kontes Baruak Maambiak Karambia ini.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Padang Pariaman, disamping meningkatkan perekonomian masyarakat juga sebagai pendokrak sektor pariwisata, kedepannya kegiatan ini  akan digelar setiap tahun harap Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Irman Tiardi, A.Md.yang didampingi Sekretarisnya Ramadhanus Weri, S.Pd.

Penilaian kontes Baruak Maambiak Karambia ini dilihat dari kecepatan memetik buah kelapa, bukan dari besar atau kecilnya beruk peserta, kepiawaian baruak tersebut tampak ketika ia melakukan cara memetik.

Meskipun turun hujan tidak menyurutkan semangat peserta yang terdiri dari ratusan kontestan yang datang dan begitu semangat mengikuti keunikan dari perlombaan tersebut.

Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur SE.MM dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dan juga mengucapkan terimakasih kepada panitia beserta pemilik dan pedagang hewan jenis baruak ini yang begitu semangat mengadakan kontes baruak maambiak karambia ini.

Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan rasa percaya diri para pemilik baruak dalam menekuni usaha memetik buah, dan dalam memelihara ternak ini makin penuh kasih sayang. Karena mereka adalah penupang ekonomi keluarga para pemelihara baruak ini.

Penghasilan sebagai pemilik baruak bisa mencapai Rp. 250.000,dan angka ini tidaklah kecil untuk penghasilan di zaman sekarang. Sementara melatih baruak untuk lihai memetik buah hanya butuh waktu 3 bulan. Serta pemeliharaannya tidaklah ribet baik untuk kandang dan makannya sehari hari.

Ternyata baruak disini sangat hebat mampu memetik kelapa begitu cepat, kedepan Talao lokasi pasar baruak ini akan dikembangkan dan dijadikan sebagai destinasi wisata tutup Wabub.(syamsul)

Sumber : http://beritasumbar.com/pasa-talao-gelar-kontes-baruak-maambiak-karambia/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2
    Kemarin:16
    Total Pengunjung:42.901
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.063 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.945 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.