Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Studi Tiru Pemerintahan Nagari Talang Anau Kab. Lima Puluh Kota Ke Nagari Sungai Gimba Ulakan

09 Januari 2020 10:47:20    222 Kali Dibaca 

Dalam rangka meningkatkan kapasitas kinerja Pemerintahan Nagari sekaligus merajut tali silaturahim, Pemerintahan Nagari Talang Anau Kec. Gunung Omeh Kab.50 Kota melakukan Study Tiru ke Nagari Sungai Gimba Ulakan Kec.Ulakan Tapakis Kab.Padang Pariaman. Hal ini disambut baik oleh Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan yang juga tengah mengukur sejauh mana pencapaian kinerja Pemerintahan Nagari Sepanjang Tahun 2019.

Ada beberapa pokok studi capaian yang difokuskan oleh Nagari Talang Anau :

1. Produk Unggulan Nagari

2. Tata kelola pemerintahan Nagari dan pemberdayaan SDM.

3. Pengembangan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNAG).

4. Pengambilan Keputusan Dan Kebijakan Publik.

Rombongan Pemerintahan Nagari Talang Anau terdiri dari Wali Nagari, Sekretaris, Kasi, Kaur, Staf, Wali Jorong dan Ketua Lembaga Nagari seperti BAMUS, LPM, Karang Taruna dan PKK. Dalam acara penyampaian maksud dan tujuan Wali Nagari Talang Anau Bapak Rahman Menyampaikan " Kami datang ke Sungai Gimba ingin menggali, berbagi dan saling mengisi ilmu, dan yang terpenting terjalinnya hubungan silaturahim antara kedua Nagari".

Gambar ; Suasana Penyampaian Maksud Dan Tujuan

 Gambar ; Suasana Penyampaian Maksud Dan Tujuan.

Di lain sisi Bagi Nagari Sungai Gimba Ulakan, kunjungan ini merupakan Study Banding pertama yang diterima. Sejak berdiri sebagai Nagari Defenitif tahun 2016 lalu. Selama 4 Tahun Berjalan Nagari Sungai Gimba tiada hentinya berbenah dan berinovasi. Semua potensi Nagari diberdayakan, hubungan Ranah dan Rantau sangat erat dalam membangun, seluruh lapisan masyarakat berperan aktif dalam menyokong program demi kebanggaan dan kemajuan masyarakat Nagari Sungai Gimba Ulakan. Sesuai penyampaian Wali Nagari Sungai Gimba Bapak Irman Tiardi A.Md dalam sambutan beliau saat acara penyampaian maksud dan tujuan. Wali Nagari Menyampaikan "kami pemerintahan Nagari Bekerja melayani masyarakat dengan hati dan se optimal mugkin, sebab disini kita satu keluarga besar. kita berada disini untuk keluarga besar kita yaitu masyarakat Nagari, yang terutama dukungan masyarakat rantau atau keluarga kita yang bekerja diluar Sumatera Barat mendukung penuh pembangunan Nagari bahkan Lebaran yang akan datang  Nagari dibantu 1 Unit Ambulance, semua dana nya dari perantau dan digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat Nagari Sungai Gimba Nantinya".

Selain itu Wali Nagari Juga menjelaskan tentang produk unggulan Nagari Sungai Gimba " daerah kami sebahagian besar adalah area pesawahan dan  90 persen rumah tangga masyarakat mempunyai sawah garapan sendiri sehingga "Padi" merupakan hasil pertanian unggulan kami, bahkan di Sungai Gimba memiliki 8 unit Huller (penggilingan Padi) yang akan mengolah hasil gabah. kami juga menghasilkan "pisang" dan "Kelapa" yang melimpah dari hasil perkebunan masyarakat Sungai Gimba".

Gambar : Wali Nagari dalam sambutannya di acara ramah tamah maksud dan tujuan.

Setelah selesai acara Ramah Tamah Maksud dan Tujuan acara dilanjutkan dengan "Makan Barapak". Makan barapak merupakan makan bersama dengan cara duduk melingkar dilantai. Hal ini mencerminkan kekeluargaan yang erat dan kebersamaan yang mendalam. Acara ini diadakan di Hall serba guna Sungai Gimba.

Gambar : makan "barapak" ala Sungai Gimba Ulakan

Acara dilanjutkan "ngopi santai" di Selasar BUMNAG  Mart Sungai Gimba. Bumnag Mart merupakan unit usaha perdagangan dari Bumnag Maju Sejahtera milik Nagari Sungai Gimba Ulakan. Sampai saat ini Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) Sungai Gimba Ulakan sudah mendirikan 3 unit cabang usaha yaitu :

1.Usaha pengelolaan Hall dan Olahraga.

2.Unit Perdagangan TOSERBA.

3.Unit Gudang Bahan Bangunan dan material.

Di acara "Ngopi Santai" Sekretaris Nagari Sungai Gimba Bapak Ramadanus Weri.S.Pd menyampaikan "Hubungan antara dua Nagari ini kita lanjutkan , kedepannya kita saling berbagi program kerja dan informasi menuju Nagari berprestasi. kami adalah Nagari Baru dan perlu banyak belajar, bagi kami walau bukan yang pertama tapi kami tidak mau jadi yang terakhir". Di saat acara "Ngopi Santai" masing masing bagian dan lembaga Nagari membahas program kerja nagari masing-masing.

Gambar : Suasana "ngopi santai" Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan dan Nagari Talang Anau.

Kemudian pertemuan dua Nagari ini dilanjutkan ke penyerahan cinderamata khas Nagari. Nagari Talang Anau membawa produk khas Nagarinya yaitu "Saka Anau" dan menyerahkan prasasti monumental tanda persaudaraan dua nagari antara Nagari Sungai Gimba Dan Nagari Talang Anau.

Gambar : Penyerahan prasasti dari Wali Nagari Tang Anau Kepada Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan

Gambar : Saka Anau bingkisan dari Nagari Talang Anau kepada Nagari Sungai Gimba Ulakan.

Sebagai Nagari Tuan Rumah, Nagari Sungai Gimba Ulakan telah menempatkan Nagari tamu sebagaimana mestinya seperti yang disampaikan Sekretaris Nagari Talang Anau Bapak  Yarman kepada admin disaat wawancara "Kami sangat puas dan senang disini, banyak pelajaran yang kami miliki dari pertemuan ini. pelayanan yang ramah membuat kami nyaman dan bisa fokus menyerap pelajaran dan menimba pengalaman".

Pertemuan Dua Nagari yang bertajuk Study Tiru berakhir dengan prosesi foto bersama antara pemerintahan Nagari Sungai Gimba dengan Pemerintahan Nagari Talang Anau.

Gambar : Foto bersama Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Dan Nagari Talang Anau.

 

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:15
    Kemarin:20
    Total Pengunjung:42.934
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.063 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.945 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.945 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.
18 Agustus 2020 | 280 Kali
Alur Permohonan Informasi
17 Agustus 2019 | 195 Kali
=== Apologi Sungai Gimba ===
24 Juli 2019 | 198 Kali
Program BSPS Tahun 2019 untuk Sungai Gimba Ulakan
03 Januari 2020 | 3.356 Kali
Visi dan Misi PPID
15 September 2020 | 466 Kali
Bumnag "Maju Sejahtera" Nagari Sungai Gimba Mengepakan Sayap Lagi Sebagai Badan Usaha Milik Nagari
29 Juli 2013 | 3.647 Kali
Profil Desa
30 April 2014 | 135 Kali
Kelompok Tani