Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Harapan Dan Perjuangan Panjang Masyarakat Ulakan Tapakis Memiliki Kepolisian Sektor (Polsek).

09 Maret 2020 11:27:19    366 Kali Dibaca 

Kampung Ladang. Senin, 9 Maret 2020

Kecamatan Ulakan Tapakis yang memliki +21.000 jiwa yang tersebar di 8 Nagari sudah selayaknya memiliki Polsek sendiri. Sejak Kecamatan Ulakan Tapakis secara defenitif berdiri dan berpisah dari Kecamatan Nan Sabaris di Tahun 1990/1991 harapan masyarakat mengenai berdirinya sebuah Polsek di Ulakan Tapakis mulai diperjuangkan. Bertahun-tahun perjuangan itu dirintis namun selalu kandas di tahapan survey lokasi. Camat Ulakan Tapakis Bapak Drs.Ali Amri.MM menyampaikan harapan beliau saat diwawancara admin "Kita memiliki 21 ribu jiwa dan 8 Nagari, semoga perjuangan dan langkah-langkah yang kita ambil saat ini behasil dan kita bisa mewujudkan cita-cita masyarakat Ulakan Tapakis untuk memiliki Kantor Polsek yang defenitif".

Gambar : Camat Ulakan Tapakis menyampaikan langkah-langkah untuk Kecamatan Ulakan Tapakis Memiliki Polsek Sendiri.

Sebelumnya di Kecamatan Ulakan Tapakis sudah beberapa kali dibangun Pos Polsek sebagai kantor perbantuan Polsek Nan Sabaris diwilayah Ulakan Tapakis. Pertama dibangun Pos Polsek di Korong Pasar Ulakan Nagari Ulakan, berselang beberapa tahun dipindahkan ke Korong Kampung Gelapung (tepatnya Korong Kampung Aru Nagari Kampung Gelapung sekarang) dan terakhir dipindahkan lagi ke Korong Ganting Tangah Padang Nagari Ulakan. Bapak AKP (Purn) Syamsul Bahri.SH yang merupakan Purnawirawan Polisi pernah menjadi Kepala Pos Polsek Ulakan Tapakis menjelaskan kepada admin saat diwawancara "ini perjuangan panjang, sudah 5 kali survey lokasi semuanya kandas, ini survey lokasi yang keenam kalinya. Mari kita sama berdoa dan berjuang Kantor Polsek dapat dibangun di Kecamatan Ulakan Tapakis ini".

Gambar : Bapak AKP (Purn) Syamsul Bahri.SH bersama Wakapolda Sumbar.

Perjuangan masyarakat Ulakan Tapakis untuk adanya Kantor Polsek adalah perjuangan seluruh unsur dan lapisan masyarakat, karena menyangkut kebutuhan masyarakat banyak khususnya masyarakat Kecamatan Ulakan Tapakis. Beberapa hari sebelumnya tepatnya Tanggal 28 Februari 2020 yang lalu dalam sebuah acara "diskusi terbuka" antara masyarakat Sungai Gimba dengan Satuan Pembinaan Masyarakat (SATBINMAS) Polres Padang Pariaman dan Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Polres Padang Pariaman, Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Bapak Irman Tiardi,A.Md meyampaikan secara langsung dihadapan Forum Diskusi tentang kebutuhan masyarakat akan sebuah Kantor Polsek di Kecamatan Ulakan Tapakis. Beliau menyampaikan " sekarang dihadapan KasatBinmas dan KasatLantas kita sampaikan sebuah harapan masyarakat Ulakan Tapakis akan dibangunnya Kantor Polsek di Kecamatan kita ini, kami mohon dihadapan Bapak untuk dapat mengusahakan harapan masyarakat ini".

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba sedang menyampaikan perlunya dibangun Kantor Polsek di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Bak gayung bersambut, harapan itu mulai menampakan hasil yang positif, tidak tanggung-tanggung hadir langsung dalam survey lokasi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Wakapolda Sumbar) Brigjend Pol Rudy Sumardianto.SH.M.Si di Korong Kampung Ladang Nagari Seulayat Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis. Disinilah rencana akan dibangun Kantor Polsek Ulakan Tapakis, tepatnya di tanah masyarakat Korong Kampung Ladang yang bersuku Guci.

Gambar : Kedatangan WakaPolda Sumbar di Lokasi Akan Dibangun Kantor Polsek Ulakan Tapakis.

Menurut keterangan dari Bapak Hendri Dunan.ST selaku Wali Korong di lokasi tempat rencana dibangunnya Kantor Polsek Ulakan Tapakis ini menerangkan bahwa tanah ini adalah "pusako tinggi" milik kaum "basuku" Guci di Kampung Ladang dan diberikan sepenuhnya tanpa ada ganti rugi dengan syarat tanah ini memberi manfaat kepada masyarakat luas. Bapak Hendri Dunan.ST menambahkan "Kita menyambut positif semua rencana ini, kita bersyukur adanya masyarakat memberikan tanahnya untuk pembangunan Kantor Polsek, yang nantinnya akan meningkat Kamtibmas di Lingkungan Kecamatan Ulakan Tapakis.

Dalam acara peninjauan lokasi ini Wakapolda Sumbar Bapak Brigjend Pol Rudy Sumardianto.SH.M.Si datang dengan rombangan sekitar pukul 10.00 Wib dan dinanti oleh Wali Nagari Seulayat Bapak Muhammad Idris bersama rekan-rekan Wali Nagarinya se-Kecamatan Ulakan Tapakis. Muspika Kecamatan Seperti Kapolsek Nan Sabaris beserta jajaran, jajaran KUA Ulakan Tapakis, Jajaran Koramil 07 Pauh Kambar dan Camat Ulakan Tapakis beserta jajaran dan instansi lainnya. Hadir juga Satuan-satuan terkait dari Polres Padang Pariaman. Masyarakatpun tidak kalah antusias menanti kedatangan rombongan peninjauan lokasi ini termasuk juga Pihak keluarga pemilik tanah "pusako tinggi" yang diwakili oleh H.Syaiful bermamak-kamanakan.

Gambar : Wakapolda mendengar langsung keterangan dari keluarga pemilik tanah dan masyarakat.

Sekitar satu jam lebih Wakapolda meninjau lokasi, disela-sela tinjauan beliau menjawab beberapa permintaan dan harapan masyarakat "akan kami usahakan merealisasikannya, yang pasti kita semua harus optimis dan tidak boleh pesimis". Kemudian rombangan tim peninjau bertolak ke wisata kuliner Pantai Tiram yang tidak jauh dari lokasi untuk makan siang bersama.

Gambar : Wakapolda makan bersama di Pantai Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis.

Selesai Makan Bersama rombongan peninjau lokasi Kantor Kapolsek Ulakan Tapakis bertolak kembali ke padang. Perjuangan panjang masyarakat Ulakan Tapakis akan adanya sebuah Kantor Kapolsek mulai menampakan titik terang. Semoga saja harapan ini berjalan dengan lancar dan memberi manfaat bagi masyarakat luas, masyarakat Ulakan Tapakis Khususnya.

Red:DZ

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:3
    Kemarin:53
    Total Pengunjung:42.845
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.062 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.945 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.