Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

KOMPETISI OLAHRAGA TERAKBAR TAHUN INI DI KECAMATAN ULAKAN TAPAKIS.

01 April 2020 13:00:34    329 Kali Dibaca 

PORNAG 2020 Sungai Gimba Ulakan

Pekan olahraga multi cabang antar Nagari SeKecamatan Ulakan Tapakis merupakan ajang kompetisi olahraga multi cabang yang dihelat secara terpusat dan serentak di satu tempat/Nagari secara bergiliran. Kompetisi ini diawali di Nagari Ulakan pada Tahun 2019 lalu dan dilanjutkan oleh Nagari Sungai Gimba Ulakan di Tahun 2020 ini. Kompetisi olahraga multicabang ini semulanya dimulai di Nagari Ulakan dengan Karang Taruna Nagari Ulakan sebagai pelopornya. Di tahun kedua penyelenggaraan Pornag diadakan di Nagari Sungai Gimba Ulakan yang mendapat dukungan penuh oleh pemerintahan Nagari dan disambut antusias oleh seluruh masyarakat Nagari. Pekan olahraga antar Nagari di Sungai Gimba Ulakan ini selanjutnya disebut "Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan" mengusung tema "menumbuhkan jiwa sportifitas anak nagari, menuju nagari sadar olahraga". Sebagai tuan rumah Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan, Nagari Sungai Gimba tidak mau event ini hanya ajang formalitas semata. Pornag 2020 Sungai Gimba menjanjikan terobosan dan inovasi baru sebagai penyelenggara dengan mengerahkan segala potensi yang ada di Nagari.

Wali Nagari Sungai Gimba Bapak Irman Tiardi,A.Md menyambut positif Pornag 2020 ini dan siap menjadikan penyelenggaraan Pornag 2020 sebagai Barometer untuk Pornag selanjutnya. Saat diwancacara admin web, Wali Nagari menyampaikan "ini ajang pembuktian akan kesiapan Nagari kita menjadi tuan rumah, kita menjawab tantangan Wakil Bupati Padang Pariaman disaat pembukaan Pornag 2019 Ulakan dulu, Wabup menyampaikan untuk tuan rumah selanjutnya kita tantang Nagari Sungai Gimba, maka kita menjawab tantangan beliau. untuk kepanitian segera dibentuk" tutup Wali Nagari.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan

Tanggal 28 Februari dalam sebuah rapat akbar kepemudaan Nagari Sungai Gimba bertempat di Gedung Serba Guna yang maka terbentuklah kepanitian Pornag 2020 Nagari Sungai Gimba. Kepanitian ini adalah pelatsana tugas dari pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan. Berikut susunan panitia inti Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan :

1.Ketua Umum : Ramli Bl

2.Ketua Pelaksana : Yose Rizal

3.Wakil Ketua : Jefry

4.Sekretaris 1 : Aprizaldi

5.Sekretaris 2 : Adrian Destendi

6.Bendahara 1 : Zal Sikumbang.

7.Bendahara 2 : Misra Melati

Gambar : Rapat Umum Pemuda Nagari Sungai Gimba Ulakan.

Setelah terbentuk kepanitian pornag bergerak cepat menyusun rancangan pornag, kelengkapan kepanitiaan, kesiapan veneu dan lain sebagainya terkait Pornag 2020 Nagari Sungai Gimba. Saat diwawancara admin saudara Adrian Destendi selaku sekretaris menyampaikan "di pornag 2020 Sungai Gimba ini kita mempertandingkan 6 cabang olahraga, yaitu : Sepakbola, Futsal, Volli, Bulutangkis, Tenis Meja dan lari marathon 10 KM, sekarang fokus kita adalah mempersiapkan venue masing-masing cabang, doakan kami semoga sukses meyelenggarakan Pornag 2020 ini".

Pornag 2020 Sungai Gimba memperlombakan 6 cabang olahraga populer ditengah-tengah masyarakat. Secara umum Kanagarian Sungai Gimba sudah memiliki veneu yang dibutuhkan dalam Pornag 2020 ini. Berikut Cabang olahraga serta venue di Pornag 2020 Sungai Gimba :

1.Sepakbola, Venue : Lapangan Sepakbola Karta Jaya.Fc Sikabu Ulakan.

2.Futsal , Venue : Lapangan Futsal Karya Putra.Fc Sei.Gimba Ganting.

3.Bulu Tangkis, Venue : Hall Badminton PB Sugus Ulakan Tapakis.

4.Bola Voli, Venue : Gelanggang Olahraga Sungai Gimba Ganting Timur.

5.Tenis Meja, Venue : Hall Serba Guna Nagari Sungai Gimba Ulakan.

6.Marthon 10 KM, jalan raya Sungai Gimba- Nagari Kampung Gelapung- Nagari Ulakan- Nagari Sungai Gimba.

Berdasarkan keterangan panitia, sebenarnya ada 2 cabang olahraga lagi yang sedang pembahasan siap atau tidaknya dipertandingkan yaitu Cabang Sepak Takraw dan Cabang Catur, namun masih pembahasan. Sampai saat ini sudah 6 cabang olahraga yang sudah resmi dipertandingkan di Pornag 2020 Sungai Gimba.

Logo Pekan Olahraga Nagari di Kecamatan Ulakan Tapakis ini sudah menjadi logo resmi penyelenggaraan Pornag, di Nagari Manapun Pornag deselenggarakan, maka logonya seperti gambar dibawah ini. Perubahan hanya terjadi di Nama Nagari dan tahun penyelenggaraan namun desain gambarnya tetap sama. berkut logo resmi Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan yang telah dirilis oleh Panitia Pelaksana Pornag 2020.

Gambar : Logo resmi Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan

Sesuai keterangan Panitia Pelaksana Cabang Olahraga tenis meja saudara Iza Nasrul.S.Pd saat diwawancara admin meyampaikan "dalam penyelenggaraan Pornag 2020 ini kita mengusung tema Menumbuhkan Jiwa Sportifitas Anak Nagari Menuju Nagari Sadar Olahraga dan kita memakai motto #ayoolahraga". Kepanitiaan Pornag 2020 Sungai Gimba ini memiliki delegasi tugas setiap cabang Olahraga. Berikut Koordinator masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan di Pornag 2020 :

1.Futsal : Budi Ramadi.

2.Bulu Tangkis : Deri Zamitra

3.Tenis Meja : Iza Nasrul.

4.Bola Voli : Romi Oscara

5.Sepakbola : Hendri Acong

6.Marathon 10 Km : Seluruh Kepanitiaan.

Maskot dalam event olahraga adalah suatu keunikan, setiap event olahraga didunia ini memiliki maskot masing-masing sesuai ciri khas dan kearifan lokal suatu daerah atau negara. Di Pornag 2019 Ulakan yang Lalu memakai maskot "Si Nipah" yang merupakan ciri khas dan tumbuhan endemik daerah pesisir pantai, karena Kanagarian Ulakan adalah salah satu Nagari yang berada di pesisir pantai Pulau Sumatera.

Gambar : Logo Dan Maskot Pornag 2019 Ulakan

Untuk Pornag 2020 Sungai Gimba secara resmi memakai maskot yang bernama "Si Gimba". Hal ini adalah mengusung ikon Nagari Sungai Gimba Ulakan yang identik dengan "Gimba Syekh Madinah". Gimba Syeh Madinah adalah bangunan tempat membaca Khutbah Jumat, seperti diketahui Khutbah Jumat pertama dilakukan di Nagari Sungai Gimba Ulakan disaat Shalat Jumat pertama di Sumatera Barat. Disaat Syekh Burhanuddin Kecil masih belajar agama kepada guru pertamanya yaitu Syekh Madinah, ternyata Syekh Maidnah beserta murid-muridnya sudah melakukan shalat Jumat berjamaah di tempat mengajarnya yaitu tepat di "aie baliek mudiek" wilayah Kanagarian Sungai Gimba Ulakan.

Berdasarkan latar belakang sejarah itu, maka Pornag 2020 Sungai Gimba secara resmi memakai maskot "Si Gimba". Berikut gambar maskot resmi Pornag 2020 Sungai Gimba :

Gambar : Maskot Resmi Pornag 2020 Sungai Gimba Ulakan.

Sesuai agenda Panitia Pelaksana Pornag 2020 Sungai Gimba berdasarkan konsultasi dengan pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan mengenal jadwal diadakan Pornag 2020 menetapkan Bulan Juni 2020. Menurut keterangan Sekretaris Nagari Saudara Ramadanus Weri.S.Pd selaku penanggungjawab administrasi dan jadwal kegiatan Nagari menyampaikan "Pemerintahan Nagari sudah sepakat dengan Panitia Pelaksana bahwa Pornag kita adakan di Bulan Juni namun tanggalnya belum ditentukan. Terkait adanya wabah Covid-19 ada kemungkinan terjadinya perubahan jadwal Pornag, namun secara resmi sampai saat ini kita masih berpatokan Pornag 2020 di Bulan Juni dan jika ada perubahan jadwal akan diumumkan juga secara resmi nantinya".

Untuk media informasi resmi, Panitia Pornag 2020 Sungai Gimba menjadikan Web Resmi Sungai Gimba Ulakan sebagai Media Informasi Pornag 2020 Sungai Gimba setelah menjalin kesepakatan dengan jajaran admin web. Segala hal tentang Pornag 2020 akan diinformasikan oleh Website ini dan segala berita tentang Pornag diluar Website ini merupakan pendapat atau informasi bersifat personal.

Red: Dz

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:10
    Kemarin:13
    Total Pengunjung:42.799
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.062 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.944 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.