Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

IKHTIAR NAGARI SUNGAI GIMBA MENCEGAH BERKEMBANGNYA WABAH

13 April 2020 13:38:44    259 Kali Dibaca 

Dunia Bergulat Menghadapi Makhluk Tak Kasat Mata Bernama Covid-19.

Dinukil dari Wikipedia Indonesia, virus corona adalah sekumpuan virus dari subfamily Orthocoronavirinae dalam keluarga Coronaviridae dan ordo Nidovirales yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia) dengan serangan ke saluran pernapasan. Virus Corona atau Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir ini sudah meruntuhkan dunia. Virus yang disinyalir mulai berkembang di Wuhan,Tiongkok ini sangat mematikan dan melumpuhkan segala sendi kehidupan umat manusia di Bumi.

Gambar : Struktur Virus Corona.

Di semua belahan bumi meradang dengan serangan virus ini mulai dari Asia, Eropa, Amerika, Afrika maupun Autralia. Sudah jutaan manusia terjangkit virus corona dan ratusan ribu manusia sudah meregang nyawa oleh makhluk tak berjenis kelamin ini. Semua aspek kehidupan terhenti dan berantakan seketika, mulai dari bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan, olahraga, keamanan dan bidang lainnya. Negara-negara besar dan super powerpun dibuat kelimpungan oleh makluk seukuran nano ini, virus ini tidak takut kekuatan ekonomi China, adi kuasanya Amerika Serikat, peradapan tinggi Italia dan negara lain sebagainya semuanya diusik.

Untuk Negara Indonesia sendiri tidak luput dari kebringasan virus corona ini, berbagai daerah di Indonesia sudah masuk zona merah. Dikutip dari Kompas.Com (senin/13/04/2020), total sudah ada 4.241 kasus Covid-19 di Tanah Air serta telah menelan korban 373 orang meninggal dunia dan 359 orang dinyatakan sembuh. Daerah paling tinggi terdampak adalah DKI Jakarta disusul daerah-daerah lain di Pulau Jawa.

Salah satu Daerah terjangkit Covid-19 adalah Sumatera Barat. Dikutip dari CNN Indonesia.Com (Senin/13/04/2020) "Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Sumatera Barat menyatakan ada penambahan 13 kasus baru Virus Corona" dan dikutip dari Liputan6.com (Senin/13/04/2020) "jumlah pasien yang terkonfirmasi terjangkit Virus Corona Covid-19 di Sumatera Barat terus meningkat, data terbaru mencatat ada 26 orang yang positif".

Segala jenjang Pemerintahan dari pusat sampai daerah bahkan di desa/Nagari disibukan dengan langkah pencegahan, pendataan dan sosialisasi kepada masayarakat. Nagari Sungai Gimba Ulakan juga sangat berjibaku mencegah masuknya Covid-19 ke tengah-tengah masyarakat Nagari. Menurut laporan Saudari Nurjanil.S.Pd selaku Kasi Pemerintahan saat diminta keterangan oleh admin web "sampai hari ini sudah ada 51 orang dalam pemantauan (ODP) di Nagari Sungai Gimba Ulakan, kita sama berdoa saja agar Orang Dalam Pemantauan (ODP) tidak berlanjut statusnya menjadi orang positif terjangkit".

Tindakan Pencegahan Covid-19 di Nagari Sungai Gimba Ulakan.

1.Pemantauan masyarakat rantau yang pulang kampung oleh Pemerintah Nagari bersama Bidan Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Tindakan ini sudah menjadi standarisasi seluruh Nagari/Korong dalam rangka mendeteksi dini masyarakat yang baru pulang kampung dari dari rantau atau daerah diluar Propinsi Sumatera Barat. Hal in adalah pencegahan dini dan dilakukan secara door to door agar masyarakat yang baru pulang kampung mengisolasi dirinya dulu selama kurang lebih 14 hari agar tidak membahayakan masyarakat lainnya. pendekatan persuasif diutamakan agar ODP ini paham dan mengerti serta dapat melakukan isolasi terhadap dirinya sendiri.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Meminpin Rapat Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Pemerintahan Nagari Sungai Gimba membentuk Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari Puskesmas Ulakan melalui Bidan Desa, Kapolsek melalui Babinkamtibmas, Koranmil melalui Babinsa dan pemerintahan nagari itu sendiri serta beberapa unsur masyarakat Nagari. Satuan Tugas (Satgas) inilah yang melakukan tugas berbagai hal terkait Covid-19.

Gambar : Satgas Covid-19 melakukan pemantauan kerumah warga Korong Sikabu Mudiak yang baru pulang kampung

Gambar : Satgas Covid-19 melakukan pemantauan kerumah warga Korong Kampuang Luar yang baru pulang kampung

2.Penyemprotan Disinfektan Di Fasilitas Umum, pemerintahan Nagari bersama Babinkamtibmas Dan Babinsa.

Tindakan penyemprotan disinfektan dilakukan Pemerintahan Nagari dalam rangka mencegah berkembangnya Covid-19 di Nagari. Cairan disinfektan merupakan racikan berbagai zat cair seperti zat pemutih, zat pembersih dan deterjen. Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan bersama Babinkamtibmas dan Babinsa melakukan peracikan disinfektan dan penyemprotan sendiri ketempat-tempat fasilitas umum di Nagari Sungai Gimba Seperti mesjid,Surau, Sekolah dan tempat-tempat umum lainnya.

 Gambar : Peracikan Disinfektan Di Halaman Kantor Wali Nagari Sungai Gimba.

Setelah Cairan Disinfektan selasesai diracik, maka Tim Satgas Covid-19 melanjutkan melakukan penyemprotan kerumah-rumah warga. Dalam penyemprotan itu didampingi oleh Wali Korong Se Nagari Sungai Gimba. Sebelum rumah warga disemprot disinfektan terlebih Babinkamtibmas bersama Wali Korong melakukan pemberitahuan ke seluruh pelosok jalan-jalan Nagari.

Gambar : Penyemprotan Tempat-Tempat Umum Oleh Satgas Covid-19 Nagari Sungai Gimba Ulakan.

3.Penyemprotan Rumah Warga Oleh Pemerintahan Nagari Bersama Organisasi Pemuda Pancasila (PP) Dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Setelah sebelumnya dilakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh tempat-tempat umum yang ada di Nagari Sungai Gimba Ulakan, Selanjutnya dilakukan juga penyemprotan disinfektan ke seluruh rumah-rumah warga Nagari Sungai Gimba Ulakan. Tim kali ini dipinpim langsung oleh Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan. Penyemprotan disinfektan kali ini dilakukan Pemerintah Nagari dengan bekerja sama dengan Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan juga dengan Prajurit TNI dari Koranmil 07 Pauh Kambar.

 

Gambar : Ormas Pemuda Pancasila (PP) dan TNI melakukan Penyemprotan Disinfektan Pencegahan Covid-19.

4.Penyemprotan Disinfektan Ke Rumah-Rumah Warga Oleh Pemerintah Nagari Bersama Praja Muda Karana (PRAMUKA).

Penyemprotan Disinfektan pencegahan Covid-19 selanjutnya Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan bersama Praja Muda Karana (Pramuka) lengkap dengan Pembinanya. Hal menarik dalam Penyemprotan Diinfektan kali ini Tim didampingi Oleh Bapak Syafrial Amir yang menjabat Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Pariaman.

Gambar : Bapak Syafrial Amir Sedang melakukan arahan dalam apel Siaga Pencegahan Covid-19.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Memberikan Komando Kegiatan Penyemprotan Pencegahan Covid-19

 

Dari rangkaian kegiatan pencegahan yang telah dilakukan, masih banyak lagi kegiatan lain yang dilakukan Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan terkait penanganan Covid-19 ini seperti perihal bantuan langsung, penanggaran dan menjalin kerjasama dengan berbagai Pihak untuk bagaimana Covid-19 tidak masuk Ke Nagari Sungai Gimba Ulakan. Saat ditemui admin web di Kantornya, Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Bapak Irman Tiardi,A.Md menyampaikan " pemerintahan Nagari sangat memfokuskan untuk penanganan berkembangnya wabah Covid-19 ini, segala upaya kita perjuangkan demi masyarakat Sungai Gimba Yang Aman dan terhindar dari berbagai wabah penyakit. ini adalah bentuk ikhtiar atau usaha kita bersama menjaga masyarakat kita dari segala ancaman dan bahaya. doakan saja wabah ini segera berakhir di daerah kita".

Red:DZ

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:25
    Kemarin:13
    Total Pengunjung:42.814
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.062 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.945 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.