Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

Nagari Sungai Gimba Ulakan Salurkan BLT-DD Dua Bulan Sekaligus

23 Mei 2020 17:25:11    257 Kali Dibaca 

Nagari Sungai Gimba Ulakan Nagari Pertama Salurkan BLT-DD Dua Bulan Sekaligus.

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB Sumbar) tanggal 22 April s/d 5 Mei 2020 dan diperpanjang 5 Mei s/d 29 Mei 2020 membuat masyarakat dibatasi interaksinya dengan slogan Stay At Home ( dirumah saja). Hal ini membuat tersendatnya geliat ekonomi masyarakat yang mempengaruhi  penghasilan. Maka dari itu perlu  memberi stimulan Bantuan Sosial Tunai (BST) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat.

Nagari Sungai Gimba Ulakan telah mencairkan beberapa tahapan bantuan Sosial Tunai (BST) dari berbagai sumber anggaran. Berdasarkan data yang admin minta kepada Sekretaris Nagari Bapak Ramadanus Weri.S.Pd selaku kepala administrasi nagari, maka didapat data BST Covid 19 Nagari Sungai Gimba Ulakan sebagai berikut :

1.BST Covid 19 dari Kementrian Sosial Republik Indonesia berjumlah 93 KK (sudah tersalurkan).

2.BST Covid 19 dari Pemerintahan Daerah Propinsi Sumatera Barat berjumlah 42 KK (sudah tersalurkan).

3.BLT Covid 19 dari Dana Desa atau Dana Nagari Sungai Gimba Ulakan Berjumlah 149 KK (sudah tersalurkan).

4.BST Covid 19 dari Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman (menunggu).

Nagari Sungai Gimba Ulakan telah Sukses menyalurkan BLT- DD  di detik-detik terakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H tepatnya satu hari sebelum lebaran tanggal 23 Mei 2020. Hal ini berkat komitmen yang gigih dari Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan dengan memerintahkan seluruh jajarannya tetap bekerja walaupun hari libur ataupun cuti bersama, bahkan di lemburkan sampai malam.

Hal ini tentunya didorong oleh tingginya kebutuhan masyarakat Nagari dihari lebaran. Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Bapak Irman Tiardi,A.Md  menyampaikan disaat wawancara dengan admin " kita tau kebutuhan masyarakat tinggi saat lebaran, maka saya memerintahkan kerja keras dari seluruh jajaran saya merealisasikan BLT- DD disalurkan sebelum lebaran, bahkan Bendahara saya perintahkan ke Bank disaat hampir berakhirnya jam kerja Bank dan dia berhasil mencairkan dana dari Bank tersebut" tutup Wali Nagari sambil tersenyum.

Pencairan BLT-DD akhirnya dapat dilaksanakan hari Sabtu 23 Mei 2020 bertempat di Gedung Serba Guna Sungai Gimba Ulakan. sistim penyaluran BLT-DD menerapkan Physical Distancing penuh sebagai prosedur mutlak disaat berlakunya PSBB Sumbar. Dalam sambutannya Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Daerah yang menginstruksikan BANK Daerah buka pada hari libur nasional dihari jumat kemaren. Hal ini demi melancarkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai BLT-DD sebelum hari raya Idul Fitri 1441 H.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Memberi Sambutan Penyaluran DLT-DD Covid-19

Disamping itu penyaluran BLT-DD ini dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Bapak Suhatri But.SE.MM yang kerap dipanggil "aciak". Gayanya yang akrab dan membaur dengan masyarakat membuat masyarakat gampang mengenalinya. Disaat sambutan beliau menyampaikan "kita memberi apresiasi kepada adik saya Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan saudara Irman Tiardi, berkat kegigihannya dan usaha dari berbagai pihak terkait penyaluran BLT-DD ini dapat disalurkan dan Nagari pertama menyalurkan di Kecamatan dan Nagari pertama yang menyalurkan langsung 2 bulan di Kabupaten Padang Pariaman". Kemudian beliau menyampaikan " agar bantuan ini jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu, gunakanlah sebagaimana mestinya dan bersama kita berdoa agar wabah pandemi virus Corona ini cepat berakhir". Seperti diketahui untuk Propinsi Sumatera Barat PSBB tahap II ini berlaku sampai tanggal 29 Mei 2020, maka dari itu Wakil Bupati juga menyampaikan " masyarakat mesti menaati prosedural kesehatan yang diperintahkan pemerintah, menjaga lingkungan bersih dan berprilaku sehat, semoga pandemi Corona ini cepat berakhir agar kita dapat beraktivitas lagi seperti biasanya" tutup Bapak Suhatri But.SE.MM.

Gambar : Wakil Bupati Padang Pariaman memberi sambutan

Selain Wakil Bupati juga hadir di penyaluran BST-DD Nagari Sungai Gimba ini Bapak Drs.Syafrizal.MM yang akrab dipanggil "Syafrizal Ucok" yang merupakan Kepala Dinas DPMD Propinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya beliau menyampaikan "masyarakat penerima BLT-DD harus menggunakannya untuk hal-hal penting terutama kebutuhan pokok dan hendaknya bermanfaat bagi penerima". Lebih lanjut Bapak Syafrizal memberi apresiasi kepada Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan atas perjuangannya menyalurkan BLT-DD sebelum lebaran.

Gambar : Kepala Dinas DPMD Propinsi Sumatera Barat memberi arahan kepada masyarakat penerima manfaat BLT-DD

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Nagari Sungai Gimba Ulakan berjumlah 149 KK yang berasal dari 5 Korong di Kanagarian Sungai Gimba Ulakan. Bagi masyarakat penerima manfaat BLT-DD tentunya bantuan ini sangat berarti dan sangat memberi manfaat, hal ini sesuai pengakuan salah seorang masyarakat penerima manfaat BLT-DD yang bernama Bapak Yose Rizal yang berasal dari Korong Sungai Gimba Ganting Barat saat ditemui admin, beliau menyampaikan "kami sangat bersyukur atas bantuan ini, terima kasih kepada pemerintah mulai dari pusat sampai ke pemerintahan nagari".

Dalam penyaluran BLT-DD Nagari Sungai Gimba Ulakan, pemerintah Nagari Sungai Gimba dibantu oleh Pendamping Desa, Tenaga Ahli Kabupaten Padang Pariaman, Pendamping Lokal Desa dan pihak terkait lainnya. 

Gambar : Penyerahan BLT-DD kepada masyarakat penerima manfaat bantuan pandemi covid-19

 

Red: DZ

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:13
    Kemarin:21
    Total Pengunjung:42.700
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.061 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
26 Juli 2019 | 7.943 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.919 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.910 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.
30 April 2014 | 132 Kali
LinMas
01 Agustus 2019 | 8.061 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
29 Juli 2013 | 3.646 Kali
Profil Desa
27 Januari 2020 | 208 Kali
Aspirasi KAMUS Dihadapan Camat Ulakan Tapakis dan Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan.
26 Agustus 2016 | 267 Kali
Sejarah Desa
19 Juli 2019 | 220 Kali
Gubernur
23 Mei 2020 | 257 Kali
Nagari Sungai Gimba Ulakan Salurkan BLT-DD Dua Bulan Sekaligus