Website Resmi Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan

Artikel

SATBINMAS Dan SATLANTAS Kapolres Padang Pariaman Beri Penyuluhan Langsung Ke Masyarakat

28 Februari 2020 14:45:35    221 Kali Dibaca 

Sungai Gimba. Jumat/28 Februari 2020.

Gambar : Penyampaian Materi Pembinaan Oleh SATLANTAS Dan SATBINMAS.

Maraknya penyakit masyarakat akhir-akhir ini membuat prihatin kita semua, termasuk berbagai pihak terkait. Sudah termasuk tanggungjawab bersama dalam membina dan mendidik generasi muda penerus bangsa dan mencegah mereka dari pergaulan negatif, narkoba, anarkis serta seks bebas yang sedang marak-maraknya. Menanggapi hal itu, maka Pemerintahan Nagari Sungai Gimba Ulakan mengambil sikap pro aktif melakukan pencegahan melalui pembinaan, pencerahan dan sosialisasi. Pemerintah Nagari mengundang Satuan Pembinaan Masyarakat (SATBINMAS) dan Satuan Lalu Lintas (SATLANTAS) Kapolres Padang Pariaman untuk melakukan sosialisasi, pencegahan dan pembianaan terhadap masyarakat Nagari Sungai Gimba.

Gambar : Kendaraan Tugas Satbinmas Dan Satlantas Polres Padang Pariaman.

Sosialisasi dan pembinaan masyarakat untuk mencegah penyakit masyarakat serta menuju masyarakat sadar hukum diadakan di Gedung Serba Guna Sungai Gimba. Hadir seluruh lembaga Nagari dan seluruh lapisan masyarakat serta menitikberatkan peserta di kalangan generasi muda. Generasi muda merupakan persentase terbesar terdampak penyakit masyarakat (Pekat). Menoleh kebelakang, sekitar 4 -5 tahun yang lalu, masyarakat dikejutkan dengan fenomena gerombolan geng bersepeda atau komunitas bersepeda. Geng bersepeda ini beraksi dengan konvoi ditengah malam sambil mempertontonkan atraksi-atraksi ekstrem di jalanan. Anggota gerombolan sepeda itu adalah anak-anak berpendikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Gerombolan bersepeda tersebut pada akhirnya banyak terjerumus kepada prilaku negatif dan menyimpang, salah satu prilaku negatif itu adalah menghisap lem banteng dan ini sudah banyak yang tertangkap tangan sedang melakukan prilaku negatif ini, baik oleh kepolisian maupun masyarakat.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Dalam Sambutannya dalam Fokus Diskusi Terbuka Tentang Penyakit Masyarakat.

Ditahun ini muncul lagi komunitas baru, komunitas "musik party" yang identik dengan salah satu merek orgen tunggal. Komunitas ini sering disebut oleh masyarakat dengan " anak petarung". Pada awalnya komunitas ini hanya sekedar kelompok pecinta musik party, namun dalam perkembangannya berubah menjadi komunitas jalanan yang brutal. Gerombolan "anak petarung" ini sebahagian besar adalah alumni " geng sepeda" 4-5 tahun yang lalu. Komunitas yang sering disebut dengan "anak petarung" lebih ekstrem dibanding "geng sepeda yang dulu, berbagai prilaku menyimpang melekat ke komunitas ini bahkan sudah banyak tersangkut pidana akibat kriminalitas mereka. Generasi penerus bangsa yang seharusnya belajar dan berkarya sudah terjebak ke dalam penyalahgunaan narkoba, seks bebas, anarkis, teror dan menganggu ketertiban umum.

Gambar: Kasat Binmas Polres Padang Pariaman melakukan pembinaan kepada masyarakat Sungai Gimba Ulakan.

Kemudian lebih lanjut, meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di Padang Pariaman membuat bertambahnya angka kematian jalan raya. Satuan lalu lintas Polres Padang Pariaman melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat Nagari Sungai Gimba mengenai masyarakat "sadar hukum" berkendara. Dalam sosialisasi masyarakat ini, Kasatlantas Polres Padang Pariaman menyampaikan bahwa kecelakaan lalu lintas cendrung diawali dengan pelanggaran peraturan lalu lintas, jadi untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas mesti dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri dalam mematuhi rambu-rambu dan peraturan berkendara.

Gambar : Satlantas Polres Padang Pariaman memberi penyuluhan kepada masyarakat 'sadar hukum" ber-lalu lintas.

Kemudian dari itu, Pemerintah Nagari Sungai Gimba Ulakan mendukung penuh program pembinaan masyarakat "sadar hukum" dari Kapolres Padang Pariaman ini, seperti yang disampaikan Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan Bapak Irman Tiardi,A.Md saat diwawancara admin " segala hal yang menyangkut kepentingan masyarakat kita dukung penuh, terima kasih kepada SatBinmas dan SatLantas Polres Padang Pariaman atas penyuluhan hukumnya di Nagari kami, sehingga penyakit masyarakat hilang di Nagari kita ini dan generasi muda lebih banyak berkarya". Nagari Sungai Gimba adalah Nagari Baru dari pemekaran Nagari 2016 yang lalu, kedepannya perlu Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing sehingga mampu bersaing di dunia kerja dan mengabdi untuk kemajuan Nagari.

Gambar : Wali Nagari Sungai Gimba Ulakan (Bapak Irman Tiardi, A.Md).

 Red ; DZ

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Sinergi Program

Dukcapil Ceria Android Open Desa
SIKS NG SIPAKEM
CEK TAGIHAN PLN CEK TAGIHAN BPJS SAMSAT ONLINE
BPS Info Covid-19

Facebook Nagari

Perkiraan Cuaca

booked.net

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Syekh Madinah, Korong Sungai Gimba Gantiang Barat
Desa : Sungai Gimba Ulakan
Kecamatan : Ulakan Tapakis
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25572
Telepon :
Email :

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:15
    Kemarin:4
    Total Pengunjung:42.879
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

01 Agustus 2019 | 8.063 Kali
SEJARAH NAGARI SUNGAI GIMBA ULAKAN
18 Juli 2013 | 8.004 Kali
Kontak Kami
26 Juli 2019 | 7.945 Kali
Profil Wali Nagari
02 Agustus 2019 | 7.944 Kali
Profil Perangkat Nagari
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Wali Korong
02 Agustus 2019 | 7.920 Kali
Profil Staf Pemerintah Nagari
01 Agustus 2019 | 7.911 Kali
Kepemudaan Sungai Gimba Dari Masa Ke Masa.